velg cast wheel

4 Hal Sepele Penyebab Velg Motor Cast Wheel Bengkok

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Velg Racing/Cast Wheel Sepeda Motor

velg cast wheel
Umumnya, sepeda motor memiliki dua jenis velg yang sering digunakan, yaitu velg jari-jari atau spoke wheel dan juga velg racing atau velg cast wheel. Dengan kedua velg ini, membuat tampilan sepeda motor menjadi semakin keren.

Untuk perawatan, velg racing cukup mudah dibersihkan, sedangkan untuk membersihkan jari-jarinya membutuhkan waktu yang lebih lama karena komponen-komponennya harus dibersihkan secara terpisah.

Baca juga: Jok Motor: Tips Mengatasi Jok Motor Matic yang Sulit Dibuka

Karena perkembangan peminat dan tren yang ada, sebagian besar velg motor saat ini sering menggunakan cast wheel karena kuat dan lebih mudah untuk dibersihkan. Velg racing menggunakan bahan alloy sehingga tidak mudah bengkok.

4 Hal yang membuat Velg Racing Rusak

Meskipun velg cast wheel terbilang kuat, namun masih banyak hal yang bisa membuat velg satu ini rusak. Pada kesempatan kali ini kami ingin membahas 4 hal sepele yang bisa membuat velg menjadi bengkok. Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Melewati Jalan Rusak/Bergelombang

Banyak sekali kasus velg motor bengkok karena melewati jalan rusak atau bergelombang. Selain jalanan rusak, tambalan aspal serta sambungan beton yang tidak rata juga membuat velg motor bengkok.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Diperiksa Jika Sepeda Motor Tidak Mau Menyala

2. Tekanan Angin Ban Kurang

Penyebab kedua yang membuat velg penyok adalah tekanan angin pada ban yang kurang. Selain berfungsi agar motor dapat berjalan, ban juga memiliki fungsi sebagai peredam guncangan ketika motormelewati jalan yang bergelombang.

Jika tekanan angin ban kurang, maka ban tidak akan cukup kuat untuk meredam permukaan jalan bergelombang sehingga lebih menekan velg. Bila hal ini terus dilakukan dalam kurun waktu yang lama, velg motor dapat bengkok.

3. Ukuran Ban Tidak Sesuai Velg Cast Wheel

Penyebab yang ketiga yaitu karena adanya ketidaksesuaian ukuran ban dengan velg. Hal ini biasanya terjadi ketika mengadopsi gaya hellaflush. Ban yang dipilih sering kali lebih kecil dari ukuran velg.

Hal ini memang membuat tampilan menjadi unik, tapi sebetulnya hal ini tidak direkomendasikan untuk penggunaan harian. Karena selain berkendara menjadi kurang nyama, velg juga akan lebih rentan terkena benda asing kemudian menjadi bengkok.

4. Pemasangan Ban dan Velg Cast Wheel Secara Asal

Ketika mengganti ban atau memasang velg di bengkel pinggir jalan, biasanya mereka hanya menggunakan alat sederhana. Tak jarang cat velg sampai terkelupas karena pemasangannya yang terlalu dipaksa. Pemasangan yang agak memaksa ini dapat membuat velg motor menjadi bengkok.

Baca juga: Tanda-tanda Komponen Kampas Rem Motor Harus Diganti

Akhir Kata

Itulah beberapa penyebab mengapa velg motor tipe cast wheel bisa bengkok. Jika Anda memang memiliki motor dengan ban cast wheel, Anda harus memperhatikan komponen komponen secara berkala.

Berbicara mengenai motor, tentu tidak lepas dengan komponen jok yang berhubungan dengan kenyamanan ketika berkendara. Jok motor yang berlubang bisa membuat pengalaman berkendara tidak sama seperti ketika Anda memiliki motor baru.

Untuk itu bagi Anda yang memiliki masalah pada jok motor yang berlubang ataupun sudah keras, kami punya solusinya. Kami Enmore Seatcovers produsen kulit jok yang sudah berdiri sejak 2009 telah memiliki banyak varian kulit jok dengan bahan kulit sintetis berkualitas, yang cocok digunakan di iklim atau cuaca di Indonesia.

Apabila anda ingin mengganti jok motor Anda dengan jok motor berkualitas, silahkan hubungi kami DISINI. Anda juga bisa mengunjungi gerai official TOKOPEDIA. Jangan lupa follow kami di Instagram untuk mengetahui varian produk-produk kami yang lain.