7 Hal yang Harus Diperiksa Jika Sepeda Motor Tidak Mau Menyala

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Mesin Motor Tidak Mau Menyala

sepeda motor
Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada sepeda motor Anda menolak untuk dihidupkan tepat ketika Anda berpikir ingin melakukan perjalanan santai. Tidak, ini bukan masalah mulai dingin yang umum yang kami maksud di sini. Ada kalanya karena ketidaktahuan kita sendiri, kita mendaratkan diri kita dalam situasi yang membuat frustrasi.

7 Hal yang Harus Anda Periksa Ketika Sepeda Motor Tidak Mau Menyala

Anda mungkin setuju bahwa beberapa dari kita akan panik ketika itu terjadi. Kami di sini hadir untuk memberi tahu Anda bagaimana cara agar tetap tenang dan bisa melakukan beberapa pemeriksaan kecil. Sehingga Anda mungkin dapat menyelesaikan masalah sendiri.

Kami memberi tahu Anda 7 pemeriksaan sederhana yang bisa Anda lakukan saa  motor Anda tidak menyala.

  1. Aki Lemah/Mati
    Aki yang diamankan dengan aman ke sepeda Anda memang merupakan nyawa dari seluruh sistem kelistrikannya. Untuk kendaraan roda dua yang hanya dilengkapi dengan starter otomatis, motor starter sepenuhnya bergantung pada aki. Hanya jika aki membawa muatan yang cukup barulah dapat menghidupkan motor yang membutuhkan tegangan cukup tinggi dari aki.

    Pada aki yang relatif lemah Anda tidak akan dapat menggunakan start otomatis. Beberapa tanda aki mati atau lemah adalah saat Anda menekan tombol klakson atau menyalakan lampu depan, tidak ada yang benar-benar berfungsi dengan baik atau berarti kerusakan total.

  2. Bahan Bakar Kosong
    Ketika tingkat bahan bakar Anda berkurang, sangat sulit untuk menilai ketersediaannya hanya dengan menggunakan pengukur dan itu juga bisa menjadi alasan mengapa sepeda Anda tidak dapat dihidupkan.

    Di saat seperti itu, Anda dapat menggunakan beberapa teknik jadul untuk memeriksa apakah motor Anda memiliki bahan bakar atau tidak. Salah satu cara termudah adalah menggoyangkan motor Anda dengan lembut saat berada di dudukan utama.

    Langkah selanjutnya Anda bisa menunggu untuk mendengar sisa bahan bakar yang khas dari tangki bensin. Atau Anda juga dapat memeriksanya menggunakan senter ponsel Anda.

  3. Lubang Tangki Bahan Bakar Tersumbat
    Tangki bahan bakar sepeda motor Anda memiliki ventilasi yang sangat kecil. Lubang ini berguna sebagai saluran keluar untuk memasok bahan bakar secara terus menerus ke sistem intake.

    Di sebagian besar sepeda motor di India, itu adalah lubang kunci tutup tangki bahan bakar. Saat ventilasi ini tersumbat, tangki menghentikan suplai bahan bakar ke sistem bawah. Anda dapat membuka sumbat ventilasi dengan kabel atau pin yang sangat tipis bersamaan dengan tiupan paksa di lubang itu.

  4. Melepas Kopling
    Saat Anda menyalakan sepeda motor dan transmisi berada dalam posisi masuk gigi, Anda perlu menarik tuas kopling dengan benar. Terkadang, gigi yang dimasukan tidak terpasang dengan benar dan menimbulkan masalah start. Dalam kondisi seperti itu, bawa transmisi Anda ke posisi netral dan coba lagi.
  5. Memblokir Intake atau Exhaust
    Kotak udara atau muffler yang tersumbat juga merupakan kondisi yang menimbulkan masalah dalam menghidupkan sepeda motor. Hal ini bisa terjadi karena mungkin saja ada orang iseng di lingkungan Anda. Jadi, Anda juga harus memeriksa sistem intake dan muffler sepeda motor Anda jika ada tambahan penyumbat di dalamnya.
  6. Kabel Busi Longgar
    Kabel busi yang kendor bukanlah hal baru bagi pengendara sepeda motor. itu bisa terjadi karena keisengan atau bisa juga karena prank. Anda tidak memerlukan mekanik untuk memperbaiki masalah ini. Cukup cabut dan pasang kembali konektornya dan coba hidupkan motor lagi.
  7. Saklar Pemutus Mesin
    Ini adalah salah satu hal paling umum yang kita lupa periksa sebelum merasa terganggu dengan masalah awal. Sebagian besar waktu kita menggunakan kunci kontak untuk mematikan motor alih-alih mematikan mesin atau mematikan saklar. Sehingga ketika kita menggunakannya, terkadang kita lupa mematikan saklar dan terus mencoba menghidupkan mesin.

Baca juga: Tanda-tanda Komponen Kampas Rem Motor Harus Diganti

Akhir Kata

Itulah 7 hal yang perlu diperhatikan jika motor Anda tidak mau hidup. Anda dapat memeriksanya sendiri, atau jika Anda kesulitan memeriksanya, Anda dapat membawa motor Anda ke bengkel dan meminta master melakukannya untuk Anda.

Berbicara tentang motor, jok motor juga merupakan salah satu komponen penting, maka dari itu Anda juga harus memeriksa jok anda karena hal ini akan menunjang kenyamanan dan keamanan anda saat berkendara.

Kami Enmore Seatcovers punya solusinya untuk Anda yang sering pegal karena kerasnya kulit jok motor Anda. Kami memiliki kulit jok dengan bahan kulit sintetis berkualitas yang tentunya cocok untuk digunakan di Indonesia. Jika Anda berminat, silakan hubungi kami langsung DISINI untuk pemesanan dalam jumlah banyak. Atau kunjungi gerai official TOKOPEDIA kami dan kunjungi juga Instagram kami.