Tanda-tanda Komponen Kampas Rem Motor Harus Diganti

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Komponen Kampas Rem untuk Keselamatan Berkendara

komponen
Saat mengendarai motor, tentu ini berhubungan dengan gas dan rem karena kedua aksi ini yang membuat Anda sampai tujuan, bukan? Dengan adanya rem, motor dapat berhenti dengan baik. Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu memperhatikan kondisi rem, terutama komponen kampas rem. Bagian ini merupakan komponen yang paling sering diganti karena menjadi komponen utama dalam proses pengereman.

Kampas Rem

Kampas rem digunakan pada rem jenis tromol ataupun jenis cakram. Pada sistem tromol, kampas rem bekerja dengan memanfaatkan tekanan kampas rem pada dinding drum brake.
Sedangkan pada jenis cakram, pengereman mengandalkan daya jepit kampas rem pada cakram. Sama seperti komponen lainnya, kampas rem juga memiliki batas usia dan pemakaiannya.

Baca juga: Penyebab Lampu Sein Sepeda Motor Mati

Tanda-tanda Komponen Kampas Rem Harus Diganti

Jika berbicara mengenai benda, tentu akan memiliki batas waktu mereka bisa bekerja sebagaimana mestinya. Kampas rem juga memiliki batas waktu pemakaian dan harus segera diganti agar perjalanan Anda tetap aman dan nyaman, berikut ini adalah beberapa tanda bahwa kampas rem harus segera diganti :

  1. Suara Berdecit
    Cara pertama untuk mengetahui kampas rem sudah habis adalah dengan mendeteksi suara decit pada kampas. Biasanya suara decit ini juga dapat muncul ketika rem basah atau sudah kotor, namun jika rem hanya basah dan kotor, ketika dibersihkan dan dikeringkan maka suara decit akan hilang.
  2. Tuas Rem Lebih Dalam
    Hal ini dapat dirasakan pada sistem rem tromol. Ketika ampas rem sudah menipis, akan memperbesar jarak antar dinding muka kampas dengan dinding cakram atau drum dan membuat jarak tarik tuas rem semakin jauh.
  3. Batas Aus
    Pada kampas rem terdapat indikator keausan yang dapat dilihat. Indikator ini biasanya berupa lubang yang membentuk garis pada dinding kampas. Ketika lubang garis tersebut sudah meinipis atau bahka tak terlihat, itu tandanya kampas rem harus diganti.
  4. Minyak Rem Berkurang
    Saat kampas rem aus, penggunaan minyak rem akan lebih banyak dan boros. Ketika kampas rem tipis, minyak rem berkurang banyak dan akan membuat sistem pengereman tidak maksimal.

Baca juga: Ciri-Ciri Ban Motor Harus untuk Diganti

Akhir Kata

Demikianlah beberapa tanda bahwa kampas rem harus segera diganti. Lebih baik perhatikan keadaan kampas rem, karena kampas rem sangat penting untuk pengereman dan menjadi penunjang keselamatan dalam berkendara.

Jika kampas rem berhubungan dengan keselamatan, lalu bagaimana meningkatkan kenyamanan berkendara? Kenyamanan ketika berkendara bisa Anda tingkatkan dengan menggunakan kulit jok dari Enmore Seatcovers.

Enmore Seatcovers sudah berdiri sejak 2009 di Bandung. Kami menyediakan kulit jok dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Jika Anda tertarik silakan hubungi kami DISINI untuk membeli kulit jok dalam jumlah banyak.

Namun, jika Anda ingin membeli langsung silakan kunjungi gerai official TOKOPEDIA kami. Kunjungi juga Instagram kami untuk melihat macam-macam produk kami. Enmore Seatcovers Pilihan Riders Indonesia