Penyebab Lampu Sein Sepeda Motor Mati

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Lampu Sein Motor

lampu sein motor
Lampu sein merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah motor. Pasalnya, lampu sein berfungsi sebagai penanda kendaraan di belakang jika pengendara di depan ingin berbelok.

Meski lampu sein sangat penting perannya, masih banyak pengendara motor yang tidak menghidupkan lampu sein ketika berbelok.

Penyebab Lampu Sein Motor Mati

Adapun penyebab tidak menyalakan lampu sein bisa jadi karena lampu sein mengalami kerusakan sehingga tidak dapat berfungsi atau menyala. Hal ini pun dapat membahayakan karena dapat menyebabkan kecelekaan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab lampu sein mati.

  1. Saklar yang Kotor
    Kemungkinan penyebab yang pertama adalah saklar yang kotor. Anda dapat mencoba memeriksa sendiri dengan cara menggerakkan saklar tersebut.
    Jika saklar bergerak sesuai dengan yang Anda arahkan, berarti lampu sein masih berfungsi dengan baik.Namun, ketika saklar Anda gerakkan tetapi lampu sein tidak menyala, artinya tidak ada aliran listrik yang mengalir pada saklar tersebut.Hal ini dapat disebabkan karena sudah kotor atau rusak sehingga harus diganti.
  2. Flasher Sein yang Rusak atau Kotor
    Penyebab yang kedua adalah flasher sein yang sudah rusak atau kotor. Sirkuit listrik pada flasher memiliki fungsi mengatur arus listrik agar lampu sein dapat berkedip.Ada dua ciri yang dapat Anda kenali jika ingin mengetahui apakah flasher sein rusak atau tidak.Pertama, menunjukkan bahwa lampu sein motor terus menyala tanpa berkedip, yang kedua lampu sein tidak menyala atau mati sebelah. Jika sein motor terus menyala tapi tidak berkedip, dapat menjadi penanda bahwa flasher sein rusak terjadi di sirkuit tengah, ketika titik sentuh dalam posisi bertemu.

    Namun jika sein motor tidak menyala artinya titik sentuh yang berada di sirkuit tengah itu sudah terpisah.

  3. Bohlam dan Kabel Putus
    Faktor yang ketiga ini dapat menjadi penyebab mengapa lampu sein mati dan tidak berfungsi. Bila salah satu bohlam putus, maka akan mempengaruhi bohlam lainnya.
  4. Tegangan Aki tidak Maksimal
    Apabila ketiga komponen di atas telah dipastikan dalam kondisi baik dan tidak mengalami kerusakan, tetapi lampu sein masih tidak berfungsi, kemungkinan penyebabnya adalah tegangan aki yang tidak maksimal.

Baca juga: Solusi dari Tangki Motor yang Bocor

Akhir Kata

Itulah beberapa penyebab lampu sein pada motor mati. Anda harus memperhatikan keadaan lampu sein karena komponen ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam motor. Tidak hanya lampu sein, jok motor juga merupakan komponen penting karena juga menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara.

Jika Anda berminat untuk mengganti jok motor Anda dengan bahan yang berkualitas, Anda dapat mencoba menggunakan jok motor ENMORE SEATCOVERS. Silakan hubungi kami langsung DISINI atau untuk Anda yang ingin langsung membeli, silakan kunjungi gerai official TOKOPEDIA kami.