Solusi dari Tangki Motor yang Bocor

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tangki Motor Bocor

tangki motor bocor
Selain jok motor, tangki motor juga merupakan sebuah part yang penting dari sebuah motor. Untuk beberapa jenis motor tertentu, bentuk tangki motor juga menentukan seberapa macho motor tersebut. Custom bike seperti chopper dan bobber dapat tampak lebih garang jika didukung oleh tangki motor yang sesuai.

Walaupun terbuat dari bahan yang keras, tangki motor juga dapat bocor. Jika tangki motor bocor, sudah pasti pengeluaran dapat menjadi bengkak karena bensin menjadi lebih boros.

Bagian yang Perlu Diperhatikan Ketika Tangki Motor Bocor

Penyebab tangki bocor adalah korosi yang menyebabkan logam di tangki menjadi berkarat. Biasanya karat dapat terjadi karena adanya air yang masuk ke dalam tangki. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan air masuk ke dalam tangki.

  1. Bocor dari Tutup Bensin
    Biasanya pada tutup tangki terdapat sebuah ventilasi agar tekanan udara di dalam tidak terlalu membebebani karburator, hal ini bertujuan untuk menjaga tekanan udara di dalam tangki.ventilasi ini juga bisa menjadi akses masuk untuk air ke dalam tangki motor anda. Itulah mengapa kita harus hati-hati saat mencuci motor, terutama ketika membersihkan daerah tangki. Jangan sampai ketika kita membersihkannya malah membuat tangki motor kerembesan air.
  2. Embun yang ada di tangki
    Udara di dalam tangki motor juga bisa menjadi ancaman kebocoran. Saat peningkatan suhu pada tangki terjadi, udara di dalam akan mengembun.
  3. Korosi Air Hujan
    Air hujan adalah cairan yang mudah membuat besi karatan. Tingginya konsentrasi oksigen yang ada di dalam air hujan dapat membuat korosi semakin mudah terjadi. Oleh karena itu, jangan biarkan air hujan menempel di tangki motor ataupun part besi lainnya berlama-lama ketika terkena air hujam, segera bilas motor. Pastikan juga debu dan air hujan luruh bersama dengan air yang anda bilaskan ke motor anda. Lap hingga kering.

Solusi Tangki Motor Bocor

Ketika sudah mengetahui beberapa bagian yang di anggap bocor, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi tangki motor yang bocor.

  1. Tambal dengan Lem G
    Cara yang pertama adalah menambal tangki motor dengan menggunakan lem G. Namun biasanya cara ini hanya bisa digunakan ketika tangki bensin bocor di satu titik.
    Gosok halus bagian yang akan ditambal sehingga kotoran-kotorannya hilang dari lokasi tersebut. Setelah itu tuangkan lem G pada bagian tersebut. Selanjutnya, berikan bedak atau serbuk pasir di area sekitarnya. Terakhir, tutup serpihan bedak ataupun pasir tersebut. Jangan terlalu banyak menuang lem G, karena akan membuat susah kering.
  2. Menggunakan Patri
    Apabila bocornya tangki bensin terlihat memanjang, yang dapat anda lakukan adala menggunakan teknik patri. Mungkin memang agak susah jika anda tidak terbiasa melakukannya. Namun, banyak tukang patri yang dapat anda gunakan jasanya.
  3. Menggunakan Resin
    Cara terakhir ini sangat mudah. Anda hanya cukup mengosongkan tangki motor hingga benar-benar kering. Setelah kering, tuangkan resin yan sudah anda campur dengan thinner A ke dalam tangki bensin. Pastikan campurannya tidak terlalu encer. Kemudian putar tangki motor agar merata dan melapisi seluruh bagian yang bocor. Jangan lupa untuk membolongi saluran ke bahan bakar.

Baca juga: Cara Mengencangkan Rantai Motor Kendur

Akhir Kata

Nah demikianlah beberapa solusi untuk mengatasi tangki motor yang bocor. Berbicara mengenai motor, jok motor juga wajib untuk Anda perhatikan. Jika jok motor Anda berlubang ataupun sudah keras, itu tandanya untuk Anda mengganti kulit jok motor Anda. Ingin kulit jok dengan kualitas terbaik dan tentunya nyaman? Hubungi kami langsung DISINI. Jika Anda ingin langsung membeli tanpa babibu, kungjungi gerai official TOKOPEDIA kami. Enmore Seatcovers Pilihan Riders Indonesia.