Cara Mengencangkan Rantai Motor Kendur

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Rantai Motor

rantai motor
Selain jok motor, rantai motor juga merupakan salah satu komponen yang penting. Rantai motor berguna sebagai penyalur tenaga penggerak dari mesin motor ke roda sehingga motor dapat bergerak melaju. Cara kerja rantai motor tentu membuat rantai terkadang kendur.

5 Cara Mengencangkan Rantai Motor Kendur

Seiring berjalannya waktu dan pemakaian motor, rantai motor pasti akan mengalami kendur. Rantai motor yang kendur dapat mengganggu kita saat berkendara. Berikut beberapa cara mengencangkan rantai motor yang kendur.

  1. Standarkan Motor Dengan Standar Tengah
    Pertama, untuk mengencangkan rantai motor yang kendur, Anda harus standarkan motor anda dengan standar tengah. Hal ini guna memudahkan Anda dalam mengencangkan rantai yang kendur.
  2. Kendurkan Mur As Roda
    Setelah motor distandarkan dengan standard tengah, Anda dapat mengendurkan mur as roda pada bagian kiri dan kanan putar salah satu bagian dengan kunci, dan gunakan kunci lainnya untuk menahan.
  3. Kendurkan Baut Braket Kaliper
    Langkah yang berikutnya adalah mengendurkan baut braket caliper. Langkah ini hanya dapat dilakukan apabila motor Anda menggunakan rem cakram. Apabila motor Anda tidak menggunakan rem cakram, Anda dapat melewati langkah ini.Biasanya baut braket berada di swing arm suspense belakang di sisi kanan roda. Anda dapat melepas baut ini dengan kunci ring. Jika Anda merasa kesulitan, anda dapat menggunakan kunci shock untuk mengendurkan baut braket caliper.
  4. Putar Mur Adjuster Rantai
    Apabila semua baut yang berhubngan dengan rantai sudah berhasil dikendurkan, Anda dapat menyetel rantai. Putar dua mur adjuster yang ada di ujung swing arm roda motor untuk menyetel rantai. Perlu diperhatikan, karena terdapat dua buah mur pada bagian kiri dan kanan, Anda harus melakukan putaran dengan rata. Jika sisi kiri diputar dua kali, maka sisi kanan juga harus diputar dua kali, apabila putaran yang dilakukan berbeda, maka dapat berakibat fatal yaitu roda belakang menjadi tidak pas tengahPutar mur adjuster secara bertahap, putar searah jarum jam untuk mengencangkan rantai. Anda dapat mengukur kekencangan rantai dengan memegang rantai dan mengira-ngira apakah sudah kencang atau masih kendur.
  5. Kencangkan Lagi Semua Mur Baut
    Apabila Anda sudah merasa mur telah kencang, Anda dapat mengencangkan kembali semua mur dan juga baut.

Baca juga: Ketahui 5 Penyebab Sepeda Motor Boros Bahan Bakar Minyak

Akhir Kata

Itulah beberapa cara untuk mengencangkan rantai motor yang kendur. Agar berkendara motor lebih aman dan nyaman. Berbicara mengenai kenyamanan berkendara, tentu ini berhubungan dengan jok yang digunakan untuk duduk mengendarai motor. Namun, jika komponen penting ini Anda abaikan, hal ini bisa fatal.

Selain mengganggu kenyamanan, bisa juga membuat badan Anda menjadi sakit dan membuat Anda yang biasanya bisa berkendara 2 jam lebih, namun karena jok yang keras membuat Anda hanya bisa berkendara 1 jam kurang.

Jika Anda membutuhkan jok seperti baru dan berkualitas, kami punya solusinya. Silakan cek produk kami di Instagram, atau untuk Anda yang ingin beli banyak bisa hubungi admin kami DISINI.