jok motor

Memperbaiki Motor Matic yang Tidak Bisa Dihidupkan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Motor Matic Sulit Hidup

motor matic
Saat ini, banyak sekali pengendara motor yang lebih memilih motor matic, baik muda, tua, pria, wanita. Pasalnya, motor matic sangatlah praktis dan mudah untuk digunakan, tinggal menyalakan mesin, dan gas sudah bisa jalan. Namun begitu, kadang motor matic juga memiliki penyakit yang agak mengesalkan, yaitu dimana motor tidak dapat distarter maupun diengkol. Lalu, bagaimaan cara memperbaiki motor matic yang tidak bisa distarter?

Penyebab Motor Matic Tidak Bisa Hidup dan Bagaimana Cara Memperbaikinya

Salah satu penyebab motor matic tidak bisa distarter adalah perawatan sepeda motor yang kurang. Kurangnya perawatan sepeda motor dapat memicu banyak masalah pada komponen motor, khususnya pada sistem kelistrikan. Berikut ini adalah penyebab dan cara memperbaiki motor matic yang tidak mau distarter.

1. Tegangan Aki Lemah

Penyebab umum yang sering terjadi adalah aki yang sudah lemah atau rusak. Aki bertugas sebagai penyuplai listirk ke komponen pengapian motor, bila aki rusak atau lemah, aki tidak dapat menjalankan tugasnya secara optimal. Biasanya baterai sepeda motor mempunyai tegangan 12 volt. Apabila teganga kurang dari 12 volt, aki dapat dikatakan soak. Hal ini membuat aki tidak dapat membantu proses pengapian pada sepeda motor sehingga proses engkol tidak dapat berputar pada 450 rpm.
Solusinya adalah dengan menggunakan kick starter mencapai 450 rpm. Jika motor masih tidak mau nyala, maka anda harus mengganti aki baru.

Baca juga: 4 Hal Sepele Penyebab Velg Motor Cast Wheel Bengkok

2. Korsleting pada Sistem Starter Motor Matic

Penyebab kedua adalah korslet pada sistem starter. Bisanya hal in iterjadi pada terminal 30 starter yanng terletak di logam mesin yang menghubungkan massa aki.
Anda dapat melihat apakan terdapat bekas bakar berkerak hitam pada area tersebut atau tidak. Jika ada, maka motor starter sudah mati karena sekering starter sudah putus.
Anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan menemukan area korsleting lalu membuka dan membersihkan kerak bekas terbakar tersebut. Kemudian, anda dapat memasang kembali dengan menambahkan penyekat untuk memastikan agar korsleting tidak terjadi lagi.

3. Kerusakan pada Busi

Penyebab umum yan terakhir adalah kerusakan pada busi. Busi adalah komponen yang sangat krusial dalam sistem pengapian espeda motor. Rusaknya busi dapat disebakan oleh beberapa faktor, seperti masa pakai, sudah longgar, basah atau kotor. Jika hal ini terjadi, anda dapat membuka busi lalu membersihkan bagian yang kotor.
Adapun penyebab lain yang dapat menghambat motor untuk dihidupka adalah kabel businya. Kompoen ini berfungsi sebagai penghubung antara cop busi dan coil. Apabila komponen ini rusak, maka tegangan yang akan masuk busi akan berkurang.
Bila hal ini terjadi, anda dapat mengukur tahanan busi dengan ohm meter. Jika angkanya di atas 25 ohm, maka kabel busi harus diganti, sebaliknya, jika tidak, maka kabel busi tidak bermasalah.

Baca juga: Jok Motor: Tips Mengatasi Jok Motor Matic yang Sulit Dibuka

Akhir Kata

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara menyalakan motor matic yang tidak mau distarter. Semoga artikel ini bermanfaat. Untuk Anda yang ingin mengganti jok motor Anda dengan jok motor berkualitas, kami Enmore Seatcovers menyediakan kulit jok dengan kualitas kulit sintetis berkualitas yang cocok digunakan pada cuaca ataupun iklim di Indonesia.

Silakan hubungi kami DISINI untuk pemesanan dalam jumlah banyak, dan kunjungi gerai official TOKOPEDIA kami. Jangan lupa untuk follow Instagram kami untuk mendapat informasi mengenai varian kulit jok kami yang lain.